22 July 2008

IIMS Ditutup dengan Transaksi 6.775 Unit Mobil

Penutupan acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008 di JCC, Jakarta, Minggu (20/7), tak cuma ditandai dengan penarikan undian oleh Ketua Umum Gaikindo Bambang Trisulo di tiga stan, Daihatsu, Proton dan Toyota. Transaki penjualan mobil dan jumlah penonton pun meningkat.

Pada malam acara Exhibitor Night, Sabtu, Jongkie D Sugiarto melaporkan bahwa sampai Jumat, transaksi penjualan mobil mencapai 6.400 unit dan menghasilkan Rp 1,7 triliun. Di luar dugaan, dua hari terakhir pameran angka penjualan kendaraan bergerak naik. "Angkanya berkisar 6.775 unit sampai 6.800 unit dan kalau dikonversikan ke uang Rp 1,8 hingga Rp 1,9 triliun," kata Ketua II Pameran IIMS di stan Gaikindo.

Honda, seperti dijelaskan Jonfis Fandy, selama 10 hari pameran menargetkan 1.500 unit terjual. Hingga Jumat, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM) itu menyebutkan, jumlah kendaraan yang terjual mencapai 1.205 unit. Dalam sisa dua hari pameran, ternyata target 1.500 unit terlampaui. "Angka pastinya belum dapat karena pameran masih ada, tapi sudah melampaui target," papar Jonfis. Dan angka itu bukan berdasarkan SPK (Surat Permintaan Kendaraan), "Mereka sudah membayar tanda jadi Rp 5.000.000," kata Jonfis.

Sementara itu, Deputy Senior Marketing Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Teddy Irawan tidak menyebutkan jumlah unit yang terjual. Di luar dugaan, ternyata jumlah peminat Nissan X-Trail XT (varian termewah dari Nissan X-Trail terbaru) lebih banyak ketimbang X-Trail ST.

Meningkatnya nilai transaksi juga diikuti dengan jumlah pengunjung. Automotive Event Division Manager Dyandra Promosindo Dhoris Dhoranti mengatakan, jumlah pengunjung sebanyak 180.000 orang, Jumat (18/7), dan meningkat menjadi 200.000 orang pada penutupan hari Minggu. Jumlah ini belum mencapai target panitia yang mematok 222.000 pengunjung.

No comments: