13 March 2009

Toyota Yakin Honda Insight Sulit Dekati Prius

Sekalipun Toyota Prius hybrid masih menduduki penjualan teratas di sektor kendaraan hibrida, melesatnya order Honda Insight yang baru seumur jagung membuat PT Toyota Motor Corp (TMC) semakin serius menyiapkan generasi Prius berikutnya untuk membendung kompetitornya.

Kepada kantor berita AP, Kamis (12/3), manajemen TMC mengemukakan bahwa Prius hybrid, sejak dilempar ke pasar pada tahun 2000 hingga kini, telah terjual lebih dari 1.000.000 unit. Jadi, dalam tujuh tahun pertama (2001-2007) hanya terjual sebanyak 500.000 unit. Namun, dua tahun berikutnya laku sebanyak 500.000 unit.

Di tengah krisis ekonomi global, penjualan kendaraan hybrid Toyota di Amerika masih yang tertinggi, meski penjualan mereka untuk Februari lalu terguling sampai 33,6 persen. Adapun untuk penjualan semua jenis produk Toyota mengalami penurunan sampai 39,8 persen.

Kendati begitu, hal tersebut tidak membuat TMC harus menunda proyek Toyota Prius generasi III yang dipasarkan tahun ini. Justru Prius baru ini untuk menghadang Honda Insight yang di Amerika dijual 19.800 dollar AS mulai minggu depan. Harga itu dinilai cukup murah untuk pasar komersial dan langsung mendongkrak pesanan mencapai 18.000 unit dalam sebulan.

“Satu juta hybrid dalam sembilan tahun merupakan indikasi begitu cepatnya konsumen Amerika menerima teknologi itu,”ungkap Jim Lentz, Toyota top executive Amerika. Lalu, Toyota Amerika, katanya, menguasai 75 persen dari total penjualan Prius di dunia yang mencapai 1,2 juta unit. Ditmbah dengan Lexus hibrida, sampai Januari, totalnya mencapai 1,7 juta unit.

Jadi, Toyota yakin kalau Insight enggak mungkin bisa mengejar Prius dalam waktu dekat, apalagi harga Prius generasi III akan didekati dengan kompetitornya, sekalipun masih lebih mahal.

No comments: