05 July 2009

Honda Accord Ini Tak Takut Polisi Tidur

Dari sisi tampilan yang begitu ceper, Honda Accord ini pasti sangat merana jika bertemu polisi tidur (poldur). Begitu juga jalanan bergelombang, pasti enggak berani melesat dengan kecepatan sedang.

Justru Griffin Leslie Wijaya, pemilik mobil, tak gentar dengan kondisi jalan seperti itu. Pasalnya, suspensi multilink standar Accord telah diganti dengan model air-suspension. Sudah lebih empuk, nyaman, dan keren katanya.

Tak cuma itu, dikombinasi dengan modifikasi JDM beraliran elegan, tongkrongan sedan dari Honda itu kian eksklusif. Di sisi lain, aplikasi suspensi naik-turun ini bikin Selu—sapaan akrab Griffin—makin menajamkan sense of elegant-nya.

Buktinya, opsinya memakai air-sus dilakukan dengan struktur 4 titik. Pertimbangan Selu, gerakannya lebih banyak dan kelihatan fleksibel. Tak heran, satu paket Universal Air seharga 3.474 dollar AS diboyong tanpa banyak kompromi.

Pemasangan yang 4 titik beda dengan yang 2 titik atau tipe konvensional karena masing-masing roda sudah punya selenoid. "Jadi, tinggal dipisahkan kerja air-sus sama tombol-tombol yang tersedia," uangkap Roy Adhyanto dari VAJ, selaku distributor ViAir (nama lain Universal Air) untuk wilayah Surabaya.

Untuk menghasilkan gerakan naik-turun yang sempurna dan cepat, Selu dan Roy sepakat mengandalkan kompresor 480C sebanyak 2 unit. Kelebihannya, memiliki dimensi motor dan tabung lebih besar sehingga memungkinkan penyerapan dan pelepasan udara lebih cepat. Ditambah, tangki udara membesar berukuran 5 gallon dengan fasilitas 2 2 water trap.

Kebanggaan Selu, Honda Accord dengan modif air-sus 4 titik ini yang pertama di Surabaya dan Makassar (Sulawesi Selatan). Sekalipun begitu, Selu belum menemukan model body kit full bumper yang cocok buat Accord sehingga custom jadi pilihan paling rasional.

Yang cukup menarik, interiornya. Kalau siang hari dingin, dan malam jadi hangat. Nah, lho kok bisa begitu? Ini dikarenakan pelapis jok sudah diganti dengan bahan kulit dari Conolly. Terjadi perubahan suhu udara menandakan bahwa kulit ini asli, selain juga tidak bolong, bila disundut rokok.

No comments: