17 September 2009

Figo, Mobil Kecil Ford untuk Pasar Asia Pasifik

Mobil murah rakyat India, Tata Nano, bakal mendapat saingan. Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford Motor Co (FMC), memperlihatkan produk mobil kecilnya (small car), Figo, di India. Mobil ini dibuat di pabriknya, di Chennai, India.

Chief Executive Officer Ford Alan Mulally menjelaskan, India akan menjadi basis produksi mobil kecil dengan menyuntikkan dana sekitar 500 juta dollar AS. Dengan demikian, kapasitas produksi di Negeri Sari itu meningkat menjadi 200.000 unit per tahunnya.

Pabrik ini akan diarahkan juga untuk memproduksi mesin bensin dan diesel bagi pasar lokal dan ekspor di kawasan Asia Pasifik dan Afrika.

"Produk terbaru kita, Ford Figo, menunjukkan seberapa serius kita di India. Produk ini sebagai wujud dari komitmen untuk melengkapi semua produk kami yang hebat di semua segmen. Kami sangat yakin, Figo akan menjadi produk yang diinginkan konsumen di India, dan bernilai tinggi,” papar Mulally seperti dikutip worldcarfans.com

Figo, yang menganut filosofi desain baru new kinetic language, diproduksi menggunakan platform generasi kelima Ford Fiesta keluaran tahun 2008. Hatchback ini membidik segmen B-car, yang pangsa pasarnya di India mencapai 70 persen dari total pasar.

Tampilan grill depan hingga garis di kedua sisi bodi mencerminkan kendaraan bergaya modern dan produk Ford sebelumnya, Mondeo dan Fiesta. Beberapa fitur dan teknologi yang sama juga akan disematkan ke dalam Figo untuk meningkatkan performa.

No comments: