15 September 2009

Tata Nano Diserbu Orang Kaya India

Tata Nano, mobil kecil seharga 2.500 dollar AS atau sekitar Rp 25 juta tak habis-habisnya membuat kejutan di India. Kejutan terakhir, mobil yang semula ditargetkan oleh Ratan Tata sebagai pengganti sepeda motor bagi masyarakat kelas bawah ternyata malah diserbu kaum elite atau orang kaya di negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor dua di dunia itu.

Akibatnya, karena orang kaya berani bayar mahal, harga second Nano naik sampai 30 persen dari harga barunya. Hal tersebut dilaporkan oleh situs otomotif Drive, Australia, kemarin. Fenomena ini menyebabkan “mobil rakyat” India tersebut akan sulit menjaga status sebagai mobil murah.

Dilaporkan, orang kaya India berani membayar di atas harga pasaran untuk mendapatkan Nano. Pasalnya, mobil yang juga dijuluki Econobox ini telah menciptakan tren dan simbol status.

“Orang kaya India menginginkan Nano untuk menunjukkan kesombongan. Penyebabnya, Nano masih baru di pasar India,” ungkap Arif Fazulbhoy kepada Drive. Varian Nano yang permintaannya sangat tinggi adalah tipe XL. Varian ini dilengkapi AC dan central lock.

Di lain hal, Tata Motors baru dapat mendistribusikan 100.000 unit Nano sampai akhir tahun depan (2010). Sementara itu, jumlah pembeli pada daftar tunggu mencapai 200.000 orang.

Untuk ini, Tata Motors melakukan undian untuk memilih 100.000 pembeli pertama Nano. Karena jumlah daftar tunggu pembeli yang masih tinggi itu pula, diperkirakan permainan mark-up harga terus berlanjut tahun depan.

No comments: