23 March 2008

TRD Percantik Crown Baru

Toyota Crown yang baru saja diluncurkan, langsung bisa tampil beda dengan bodywork dari TRD (Toyota Racing Development) yang agresif namun elegan. TRD melengkapi dengan spoiler depan, side skirt elegan yang menonjolkan sisi sporti mobil mewah ini. TRD juga menyiapkan ASV Suspension Kit dan dua pilihan peleg roda, seperti dilaporkan Nihon Car .

Bagi Toyota, Crown generasi terbaru ini adalah model pertama hasil dari strategi pangkas biaya yang secara keseluruhan diharapkan bisa menghemat sedikitnya $ 2,8 miliar pertahun, seperti dilansir Reuters, Senin (18/2). Toyota sudah memulai rencana itu sejak tiga tahun lalu dengan nama VI atau Value Innovation. Pada prinsipnya, strategi itu adalah menggabungkan ribuan komponen menjadi satu modul atau sistem.

Skema ini diperkirakan akan memberi dampak siginfikan terhadap mobil baik dari sisi harga, fitur bahkan daya saing vendor komponen. Crown generasi ketiga belas menampilkan banyak contoh dari strategi VI yang memungkinkan Toyota mempertahankan harga meskipun mengusung lebih fitur dan lebih aman dibandingkan generasi sebelumnya.

Contohnya, Crown menggabungkan beberapa electronic control unit dengan actuator untuk menghasilkan modul lebih sederhana dan lebih murah. Dan pada gilirannya, Crown bisa menawarkan sistem safety dan stabilitas (Vehicle Dynamic Integrated Management) canggih sebagai fitur standar di semua model Crown. Dengan cara ini, jumlah ECU pada tiap unit mobil Crown yang semula 60 dipangkas jadi 4 saja. Wire harnesses dan connector juga terintegrasi yang ujung-ujungnya memangkas biaya produksi. Biaya yang dihemat nantinya dialirkan untuk membiayai proses pengembangan dan riset, untuk memastikan produsen otomotif paling menguntungkan di dunia ini tetap kompetitif dan inovatif di tengah melambungnya harga bahan baku.

No comments: