18 April 2008

BMW Produksi Micro-car Mirip Tata Nano India

Sebuah gebrakan besar akan dilakukan oleh principal BMW di India. Produsen kendaraan asal Jerman ini akan mengikuti kebutuhan pasar khusus India dengan meluncurkan micro-car yang saat ini banyak diminati konsumen di negara tersebut.

Secara tampilan micro-car yang akan diproduksi oleh BMW memiliki bentuk serta desain yang sangat mirip dengan Tata Nano, produk yang dikembangkan oleh perusahaan TATA Motor India. Jika kita melihat tampilan Nano dengan Micro-car milik BMW, bagai pinang dibelah dua. Namun tentunya kendaraan milik BMW tetap tampil lebih baik dengan detail desain secara keseluruhan lebih mewah dan elegan. Pada tampilan depan, kidney grill yang menjadi ciri khas BMW tersemat pada bagian bonnet, sayangnya proporsi penempatan dan besaran bentuknya agak sedikit kurang proporsional.

Dalam keterangan yang dirilis Worldcarfans, President BMW India, Peter Kronschnalb menegaskan,"Produk micro-car ini memang memiliki tampilan yang sama dengan Nano, namun kendaraan produksi kami memiliki pangsa pasar tersendiri". Menurut rencana kendaraan mungil ini akan dijual seharga 2 juta Indian Rupee, atau sekitar US$ 49.000 (sekitar Rp. 450 juta lebih).

Sebagai informasi tambahan, pertumbuhan BMW di India telah mencapai 80 % dengan total penjualan sebanyak 1.400 unit. Selain itu BMW India juga berencana akan menambah kapasitas produksinya menjadi 3.000 unit, dengan nilai pertumbuhan sebesar 76 %. Penjualan terbesar di India masih didominasi oleh varian BMW seri 3 dan 5.

No comments: