18 April 2008

Chevrolet Captiva 2.0L VCDi, Tenaga dan Torsi Lebih

Setelah sukses mengisi pasar otomotif nasional melalui varian bensinnya, Rabu (16/4) pagi tadi bertempat di salah satu cafe kawasan kemang, PT. General Motors AutoWorld Indonesia (GMAI), ATPM Chevrolet di Indonesia secara resmi meluncurkan varian terbarunya Chevrolet Captiva Diesel 2.0L VCDi.

Dalam sambutannya, Mukiat Sutikno selaku Managing Director PT. GMAI menuturkan bahwa, "Peluncuran Captiva diesel pada hari ini tak luput dari fokus utama GM. Fokus utama GM itu sendiri antara lain mengembangkan sebuah produk dengan desain yang menarik untuk menciptakan brand yang baik, plus membangun sebuah kendaraan yang dapat menggunakan bahan bakar alternatif dan hemat bahan bakar."

"Chevrolet Captiva 2.0L VCDi memberi peluang bagi kami untuk meningkatkan volume pasar Captiva di tanah air. Dengan berbagai keunggulannya, Chevrolet bermesin diesel ini akan menjadi pilihan tepat bagi konsumen yang membutuhkan kendaraan untuk mendukung mobilitas sehari-hari," lanjut Mukiat yang mengharapkan dapat menjual 600 unit Captiva diesel sampai dengan akhir tahun ini.

Secara keseluruhan, baik eksterior, interior maupun sistem keamanannya, kendaraan yang mengusung tag line "Family Adventure SUV" ini tidak memiliki perbedaan dibandingkan dengan versi bensinnya. Yang membedakan hanya pada sektor mesin dan sebuah emblem kecil yang terletak di sisi kanan dan kiri pintu bertuliskan "VCDi" yang memiliki kepanjangan "Variable-turbo Commonrail Direct injection".

Beralih ke dapur pacu, Captiva Diesel dibekali dengan mesin berbasis diesel commonrail 2.0 liter SOHC turbo intercooler dengan kontrol elektronik geometri variabel turbin atau Variable Turbine Geometry (VTG). Dengan demikian, Captiva diesel mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 150 hp pada 4.000 rpm, dan torsi 320 Nm pada 2.000 rpm. Melalui serangkaian teknologi terbaru yang dianutnya, mesin Captiva diesel tidak menciptakan suara yang kasar dan getaran tinggi seperti kebanyakan mesin diesel.

Suwadji Wirjono, Aftersales Director PT. GMAI menjelaskan, "Bahan bakar yang direkomendasikan untuk Captiva diesel minimal Pertadex. Tetapi, pelanggan bisa juga menggunakan Solar biasa. Namun bagi konsumen yang menggunakan Solar biasa, dianjurkan untuk melakukan perawatan secara berkala. Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti oli setiap mobil menempuh 7.500 km dan melakukan pergantian filter Solar sekaligus membersihkan injektor dari endapan karbon dengan teknologi "Ultra Sonic Cleaner" setiap 15.000 km. Kemudian, dianjurkan pula untuk menguras tangki bahan bakar secara periodik (6 bulan sekali)."

GMAI menawarkan pilihan sistem transmisi otomatis 5-percepatan tiptronik, untuk menghadirkan kesan berkendara yang sporti sekaligus memberikan kepraktisan kepada penggunanya. Sementara itu, sistem suspensinya sudah mengaplikasikan model independent sehingga ikut menciptakan kenyamanan di berbagai medan lintasan.

Salah satu kelebihan Captiva yang tidak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya adalah Auto Self Levelizer Rear Suspension. Fitur ini mampu mengembalikan posisi kendaraan saat dimuati tujuh penumpang menjadi datar kembali dan tidak mendongak ke atas. Sehingga kenyamanan mengendara bersama tujuh penumpang pun menjadi lebih optimal.

Chevrolet Captiva Diesel 2.0L VCDi A/T akan dilempar ke pasaran Indonesia dengan harga Rp. 289,5 juta. Layaknya varian bensin, GMAI menawarkan 6 pilihan warna yaitu Merah, Hijau, Gold, Hitam, Silver dan Royal Grey. Dan tak ketinggalan jaminan after sales service dengan garansi 3 tahun tanpa batasan kilometer.

Hingga acara peluncuran Captiva Diesel siang tadi, tercatat sudah 126 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) berhasil terbukukan. Bagi yang ingin merasakan kenikmatan di balik kemudi Chevrolet Captiva diesel, Anda dapat mendatangi Mal Senayan City pada tanggal 22 hingga 27 April 2008 mendatang.


Chevrolet Captiva 2.0L VCDi Diesel

Deskripsi SUV 7-seater
Dimensi4635mm x 1850mm x 1726mm
Transmisi 5-percepatan otomatis dengan GM Tiptronic
Mesin Diesel, 4 Silinder segaris SOHC 16 katup
Kapasitas 1.991 cc
Fuel SystemCommonrail Direct Injection with Variable Geometry Turbo Intercooler
Fuel Capacity 65 liter
Tenaga Maksimum 150 hp @ 4.000 rpm
Torsi Maksimum 320 Nm @ 2.000 rpm
Suspensi McPherson Strut (Depan) & Multilink (Belakang)
Rem Depan Ventilated Disc 4Channel with ABS/EBD
Rem Belakang Solid Disc 4Channel with ABS/EBD
Tipe dan Ukuran Ban Alloy Wheel 215/70 R 16

No comments: