22 April 2008

Perubahan Radikal The All New Volvo S80

New Perfection (kesempurnaan baru). Yup, konsep inilah yang ingin dikedepankan oleh PT. Indobuana Auto Raya (IBAR) selaku ATPM Volvo di Indonesia melalui produk terbarunya The All New Volvo S80. Dengan segala kemewahan, desain dan teknologi yang baru sekaligus tingkat keamanan yang melegenda, kini The All New Volvo S80 menjelma sebagai kendaraan sedan paling mewah di antara jajaran produk Volvo lainnya.

Dalam sambutannya, Gunadi Shinduwinata selaku President Director PT. Indomobil Sukses International Tbk. mengatakan, "Sejak peluncurannya di ajang Geneva Motor Show hingga saat ini, The All New Volvo S80 memang mendapat respon yang cukup positif dari masyarakat. Hal ini dibuktikan dari volume penjualan yang mencapai 70 ribu unit di seluruh dunia."

Sedangkan Paulus B. Suranto, CEO PT. IBAR, mengungkapkan bahwa, "Dari target total penjualan Volvo selama tahun 2008 yang mencapai 180 unit, diharapkan The All New Volvo S80 mampu mendominasi penjualan hingga 120 unit sampai dengan akhir tahun ini."

Secara keseluruhan, baik eksterior maupun interior plus teknologi yang diusung dari generasi kedua S80 ini sangat berbeda dengan model sebelumnya. The All New Volvo S80 memiliki dimensi panjang yang sama yakni 4.850 mm, tetapi lebih lebar 27 mm dan lebih tinggi 34 mm dibandingkan dengan pendahulunya. Desain eksteriornya menampilkan kesan elegan dan dinamis yang tercermin dari garis-garis bodi yang halus. Aura sporti dan bertenaga pun tergambarkan melalui kombinasi lampu dengan desain gril depan yang lebih lebar dan tinggi berpadu dengan lekuk bonet berbentuk "V". Dilihat dari belakang, lampu stop khas Volvo dibuat lebih ramping untuk memberikan kesan yang sporti namun tetap terlihat lembut. Terlihat All New S80 sudah meninggalkan bentuk 'kotak'-nya.

Beralih ke dalam interior, desain ala Skandinavia All New S80 menawarkan aura kemewahan dan kenyamanan. Warna dan corak dirancang dengan aksen "Quarts", sebutan yang diberikan Volvo Cars khusus untuk model ini. Quarts sendiri adalah kombinasi interior baru antara anthracite black sebagai warna dari interior dan kursi yang dibalut kulit dengan warna coklat, begitu juga dengan pintunya.

Sebagai bentuk kesempurnaan baru sebagai pelengkap kemewahan kabin All New S80, Volvo juga mengaplikasikan inovasi teknologi terbaru. Antara lain, Volvo IAQS (Interior Air Quality System), yang secara efektif meredam jumlah partikel, serbuk, gas dan beberapa aroma tidak menyenangkan yang memasuki ruang kabin. Selanjutnya sistem Clean Zone Interior Package, dimana sistem ini mampu memperbaiki kualitas udara di dalam kabin, sehingga sangat baik bagi Anda yang menderita penyakit asma.

Di balik bonnet The All New Volvo S80, tertanam mesin 2,5 L 5 silinder turbocharged. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 200 hp pada 4.800 rpm dan torsi maksimal 300 Nm yang dicapai pada putaran mesin 1.500 hingga 4.500 rpm. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 6-percepatan Geartronic dimana transmisi ini memungkinkan Anda untuk memilih transmisi otomatis atau manual sesuai kebutuhan.

Pihak Volvo mengklaim untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari titik diam hanya membutuhkan waktu 7,7 detik. Sementara konsumsi bahan bakarnya adalah 9,5 km/liter, dan direkomendasikan untuk memakai jenis bahan bakar minimal Pertamax.

Jika berbicara mengenai sistem keamanan, Volvo memang juaranya. Layaknya mobil premium lainnya, mobil ini juga dilengkapi dengan airbag dan SIPS-bag (Side Impact Protection bag) dan IC (Inflatable Curtains) sebagai pelindung kepala akibat benturan dari samping. Ditambah lagi dengan WHIPS (Whiplash Protection System), untuk menghindari cedera pada leher.

Sementara lampu depan menggunakan active Bi-Xenon, membuat sorotan lampu bergerak mengikuti lekuk jalan, sehingga memberikan pencahayaan ekstra dan maksimal pada malam hari. Sedangkan sistem keamanan yang berkaitan dengan pengendalian adalah DSTC (Dynamic Stability and Traction Control), dimana sistem ini mampu mereduksi resiko mobil tergelincir.

Selain sistem keamanan di atas, mobil CBU Thailand ini juga memiliki sistem keamanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor di kelasnya. Salah satunya PCC (Personal Car Communication), sistem pengendali mobil berbentuk kotak yang bisa disimpan di saku. Selain berfungsi sebagai kunci, perangkat ini mampu mengontrol situasi dari jarak jauh seperti apakah mobil Anda sudah terkunci atau belum, apakah alarm mobil sudah diaktifkan. Hebatnya, perangkat ini mampu mendeteksi adanya orang di dalam kendaraan (saat kendaraan dalam keadaan terkunci) dalam radius sekitar 100 meter berkat adanya sistem heartbeat detector.

Untuk pasar Indonesia The All New Volvo S80 yang akan berseteru dengan Mercedes-Benz E-Class dan BMW 5-Series ini dijual dengan harga Rp. 750 juta (On The Road Jakarta). Harga tersebut sudah termasuk paket VolvoGold selama tiga tahun. Warna yang ditawarkan ada tiga yaitu Silver Metallic, Electric Silver Metallic dan Black Saphire Metallic. Selain itu, Volvo juga menawarkan varian All New S80 3.2L V6 secara by order dengan harga sekitar Rp. 1,1 M. Pihak Volvo menjelaskan bahwa konsumen akan memperoleh mobil idaman pesanannya ini dalam waktu 3 bulan.

Untuk Anda yang penasaran, acara peluncuran The All New Volvo S80 dilanjutkan dengan pameran dan sesi test drive hingga 6 April 2008 di Senayan City GF06. Siapa tahu anda menjadi orang keenam yang memiliki kendaraan ini[]


All New Volvo S80

HargaRp. 750 juta (On The Road Jakarta)
Dimensi (PxLxT)4.851 mm x 2.106 mm x 1.493 mm
Mesin5-Silinder Turbocharged
Kapasitas2,5 liter
Tenaga Maks.200 hp @ 4.800 rpm
Torsi Maks.300 Nm @ 1.500 - 4.500 rpm
TransmisiOtomatis 6-Percepatan Geartronic
Radius Putar11,7 meter
Akselerasi 0 - 100km/jam7,7 detik (Klaim Volvo)
Konsumsi BBM9,5 km/liter (Klaim Volvo)
Kelas LingkunganEuro5
Rekomendasi BBMPertamax atau setara (Oktan min. 92)

No comments: