31 July 2008

Kaca Film Aman dari Si Kapak Merah

Aman dari serangan komplotan kapak merah bukan mimpi lagi. Sekarang Anda tak perlu khawatir lalu lalang di titik-titik rawan kapak merah. Teknologi kaca film Ace Security Laminate (ASL) dapat menjawab ketakutan Anda. Dengan menggunakan kaca film ini, kaca mobil mampu menahan pukulan hingga hampir 17 kg per cm2.

Menurut Marketing Manager ASL Indonesia Hendra, kaca film Ace Security terbuat dari bahan polister sekitar 70 persen. Sisanya, Hendra hanya mengatakan, itu rahasia perusahaan. Perpaduan bahan-bahan ini ditambah memahami struktur kaca menjadi kunci kekuatan pembuatan ASL.

"Kalau dilihat dari mikroskop, kaca memiliki pori-pori. Jadi, ASL di sini berfungsi merekat dan menambal pori-pori itu sehingga menambah kekuatan kaca," ujar Hendra ketika ditemui di stannya dalam Indonesian International Motor Show di JCC, Rabu (16/7).

Untuk membuktikan kekuatan ASL, pengunjung diberi kesempatan memukul kaca mobil di stan mereka yang sudah dipasangi kaca film ASL. Sampai hari kelima pameran (sejak dibuka untuk umum mulai Sabtu, 12/7), mobil ini sudah dipukul lebih dari 120 kali. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda keretakan. Rekor yang sudah dilakukan sebelumnya, kaca baru retak pada pukulan ke-191.

Produk yang ditawarkan ASL ada dua jenis. Pertama, Ace Secure memiliki daya tahan yang lebih rendah karena hanya mampu menahan kekuatan pukulan sampai 9,28 kg per cm2. Ace Secure ditawarkan dalam empat tingkat kegelapan kaca film. Jenis satunya lagi, Ace Secure Plus yang ditawarkan dalam tiga tingkat kegelapan dan dapat menahan kekuatan pukulan hingga 16,87 kg per cm2.

Selain daya tahan yang lebih kuat, kemampuan UV protection sebesar 98 persen dan infrared sebesar 82 persen. Kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh para kompetitornya adalah mampu menahan panas api sampai 450 derajat celsius. "Kalau misalnya di kerusuhan kan ada yang ngelempar apa-apa yang berapi, kaca tidak akan terbakar sampai 450 derajat celsius," tandas Hendra.

Produk ini ditawarkan dengan harga Rp 4-Rp 7 juta sekali pasang tergantung jenis mobil dengan garansi selama tiga tahun. "Tapi, itu kan standar garansi di Kanada (asal teknologi ini). Kami berencana memperpanjang garansinya sampai lima hingga tujuh tahun," tutur Hendra. Ia menambahkan, kinerja ASL terbantu oleh ketebalan kaca. Makin tebal kaca, makin tinggi daya tahannya.

Di bidang properti, kaca film ini juga dipergunakan sebagai antipeluru dan bom. "Di mobil juga bisa asal ketebalan kacanya sampai 12 mm. Jadi, bisa tahan peluru dan bom," tandas Hendra.

No comments: