31 July 2008

Michael Schumacher Test Ferrari California

Meski sudah pensiun dari arena balap F1, Michael Schumacher masih dibutuhkan Ferrari. Makanya, pada lomba-lomba tertentu Schumi – sebutan akrabnya – acap berada di pit kubu kuda berjingkrak itu. Selain memberi motivasi kepada kedua pembalap, mantan juara dunia F1 tujuh kali itu punya tugas lain, yakni menguji dan memberi masukan terhadap mobil baru pabrikan mobil Italia itu, Ferrari California.

Bagi suami Corinna ini, dipercaya untuk menguji mobil bikinan Ferrari bukan baru pada California. Sebelumnya, ia sudah mengetes Ferrari Anzo dan 599 GTB. Dengan begitu, ayah Gina Maria dan Mick ini tercatat sebagai tester permanen, baik di lintasan balap maupun di jalan raya. Termasuk terhadap Ferrari California yang Jumat (24/7) lalu menjalani pengujian terakhir di sirkuit milik tim F1 itu di Fiorano, Italia.

“Saya bisa bilang bahwa keterlibatan saya dengan proyek Ferrari 430 Scuderia sejak dari permulaan sampai sudah jadi mobil,” bilangnya usai uji coba California. “Meski California dan 430 Scuderia sangat berbeda, keduanya menawarkan berkendara yang menyenangkan, kendati unik sebab warisan karakter sebagai mobil sport tetap dipertahankan pabrikan dari Maranello ini,” lanjut Schumi.

Ferrari 430 Scuderia, menurut Schumacher merupakan model yang ekstrem dengan fokus utama pada kehandalan performa. Sebaliknya, California yang lebih mengarah ke grand touring, tapi desain interior yang nyaman menempatkannya berada pada level tertinggi dan enak dikemudikan di berbagai kondisi jalan.

Bersamaan dengan pengujian California, Schumi juga mendatangi dealer Ferrari di Maranello dan menjelaskan perihal perbedaan dua mesin 8 silinder. “Mereka merancangnya untuk keperluan yang berbeda. Seperti 430 Scuderia ditujukan buat seorang yang sangat menginginkan karakter sejati Ferrari walau harus diraih di luar jalan raya (trek).

“Tidak demikian dengan California, yang dirancang untuk keperluan sehari-hari dan berakhir pekan,” papar Schumi. Jadi, lanjutnya, hanya Ferrari yang betul-betul bisa memunculkan dampak emosi. Dan ketika melakukan akselerasi, Schumi menembus waktu 4 detik dari 0 sampai 100 km/jam.

Ferrari California akan menampakkan dirinya buat umum pertama kali di Paris International Motor Show, 2 Oktober mendatang.

No comments: