31 July 2008

Truk Pintar Hino Profia ASV

Di antara mobil-mobil konsep yang meramaikan IIMS 2008 di JCC, ada dua mobil yang menyita perhatian. Keduanya dipajang berdekatan, yakni Canter Eco D dari Mitsubishi dan Profia ASV (Advanced Safety Vehicle) bikinan Hino berwarna biru metalik. Melihat truk yang dipajang dalam bentuk head tractor di hall B ini pengunjung penasaran ingin melongok ke kabin dan sekaligus berfoto di depan atau samping mobil-mobil itu.

Sudah Dijual
Melongok ke dalam kabin, kesan truk sudah tak ada lagi. Di samping kiri pengemudi atau di tengah-tengah dashboard terdapat layar monitor sentuh berukuran 10 x 15 cm. Dekat layar ini pula ada tombol putar, kamera kecil, dan tuas pemindah gigi.

Desain setir dan panel instrumen juga gagah, sama dengan sedan kelas menengah. Di depan atau di atas kepala pengemudi terdapat satu layar monitor LCD dengan ukuran lebih kecil. Materi jok juga memberi kesan mewah. Semua itu tentu saja mengundang rasa kagum.

Salah satu teknologi yang dibanggakan Hino pada ASV adalah pre crash safety yang sudah dipasarkan di Jepang sejak 2006. Meski begitu, peranti keamanannya terus ditambah setiap tahun. Pada versi terakhir, yang juga dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun lalu, tambahan terbaru adalah panoramic view assist system.

Pertama di dunia
Peranti pre crash safety diklaim Hino sebagai pencegah tabrakan pertama di dunia yang dipasang pada truk berat. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan radar akurasi tinggi (menghitung jarak sampai milimeter) yang dikembangkan bersama Toyota.

Otak pencegah tabrakan adalah komputer yang mampu menghitung jarak antara truk dan jarak kendarasan di depannya, baik yang sedang berjalan atau berhenti. Atau bisa juga dengan benda lainnya, seperti tembok atau pagar jalan. Jika jarak antara truk dan mobil di depannya sudah tidak aman atau kemungkinan terjadi tabrakan, alarm akan berbunyi. Komputer juga akan mengaktifkan rem untuk mengurangi kecepatan.

Tanda bahaya diteruskan ke kendaraan yang menyusul di belakangnya. Jika pengemudi tak sempat lagi mengerem, komputer akan mengoperasikan dengan tekanan kuat sehingga kecepatan truk lebih cepat. Dengan cara ini, kerusakan yang lebih parah dapat dihindarkan.

Alat pengaman lain adalah VSC (vehicle stability control) yang mencegah kendaraan terguling atau bagian belakang (trailer) terangkat ketika truk rem mendadak, baik saat melaju di jalan dengan permukaan licin maupun saat membelok. Tambahan lain adalah pemantau tekanan yang ditayangkan pada monitor tengah.

Pada ASV yang dipamerkan di IIMS, teknologi terbaru adalah panoramic assist system. Alat ini digunakan untuk memperluas bidang penglihatan pengemudi terhadap suasana dan kondisi di sekitarnya. Kondisi di sekeliling truk ditayangkan melalui layar monitor yang dipasang di bagian atas kabin. Dengan bantuan alat ini, pengemudi bisa memperoleh jangkauan penglihatan lebih luas saat membelok. Di samping itu, juga ada tambahan alat untuk melihat pejalan kaki pada malam hari melalui kamera inframerah.

Kaca spion ASV adalah model baru yang dilengkapi dengan tambahan penglihatan, terutama saat truk meluncur pada kecepatan tinggi plus lampu depan yang bekerja secara adaptif. Arah sorotan lampu beradaptasi sesuai kondisi jalan dengan arah belokan kendaraan. Panel sentuh, seperti audio, sakelar, dan alat kontrol lainnnya, memudahkan pengemudi. Empat kamera di depan, belakang, sisi kanan dan kiri, serta belakang menayangkannya ke monitor di bagian atas dengan warna merah.

No comments: