18 August 2008

BMW Tarik 150.000 Unit Seri 5, Seri 6 dan X3

BMW akan menarik 150.000 mobilnya yang beredar di Amerika Utara karena terdapat ‘kelainan’ pada airbag penumpang depan. Demikian pengumuman ini disampaikan oleh pabrikan mobil premium paling besar di dunia, di Munich, Kamis (14/8).

Menurut juru bicara BMW di Munich, kendaraan yang ditarik produksi 2004 – 2006 lantaran ada kerusakan pada sistem sensor yang diletakkan di bawah bangku. Jadi, ketika menerima beban (penumpang) sensor baru bekerja bila terjadi tabrakan. Seandainya tidak ada penumpang dan terjadi kecelakaan, airbag tidak bekerja.

Problem terhadap BMW yang bakal ditarik ini, justru saat mobil mengalami kecelakaan, airbag yang di bangku penumpang mengembang. Padahal, tidak ada penumpang. Setelah diselidiki, gangguan sistem airbag pada BMW itu yang beredar di Amerika dan Kanada.

Mobil-mobil yang di recall dari model seri 3 (2006), seri 5 produksi 2004 sampai 2006 dan X3 produksi 2004-2006. Sekalipun usia produksi kendaraan sudah menginjak 4 tahun, BMW memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap nyawa manusia.

BMW akan mengirim surat kepada pemilik kendaraan yang dimulai September mendatang. Dan berharap, mobil tetap dipakai bila tidak ada tanda peringatan berupa lampu yang “berkedip-kedip”. “Dalam situasi seperti ini, kami menghimbau untuk sementara jangan ada penumpang di depan dan cepat diservice.,” himbau BMW.

No comments: