18 August 2008

Toyota Raih CSI Tertinggi di Indonesia

Toyota Indonesia telah ditetapkan oleh J.D. Power Asia Pacific (lembaga riset) meraih Indeks Kepuasan Pelanggan atau CSI (Customer Satisfaction Index) dengan rangking tertinggi untuk 2008. Berarti, Toyota mengulangi prestasinya yang diperolehnya tahun lalu.

CSI terhadap pemilik mobil ini dilakukan oleh J.D. Power Asia-Pacific terhadap 10 merek di Indonesia dengan skor rata-rata 760. Toyota sebagai yang teratas memperoleh skor 766. Posisi kedua diberikan kepada Ford dengan skor 763 dan Isuzu di urutan ketiga 760. Bagi J.D. Power Asia Pacific, ini merupakan tahun kedelapan menyelengarakan studi tingkat kepuasan pelanggan atau pemilik mobil di Indonesia.

Aspek yang dinilai adalah kepuasan menyeluruh pemilik mobil yang datang ke dealer dan bengkel resmi untuk melakukan perawatan dan perbaikan selama 12-18 bulan pertama memiliki kendaraan. Tujuh faktor yang dinilai dalam menentukan tingkat kepuasan adalah kualitas servis, cara menangani masalah, keramahan, layanan advisor, inisiasi servis, sambutan dan kesan.

Nilai tertinggi yang diperoleh Toyota adalah kualitas layanan, keramahan dan sambutan. Ford di peringkat kedua, memperoleh nilai tertinggi untuk inisiasi dan advisor. Isuzu rangking ketiga tahun ini, memperoleh skor 7 poin lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Dari studi yang dilakukan terhadap pemilik mobil yang memperbaiki atau merawat mobilnya ke dealer resmi, makin memperoleh tingkat kepuasan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang membawa mobilnya ke bengkel independen atau tidak resmi. Fakta lain, dealer-dealer resmi terus meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan layanan yang makin selama selama pemilik mobil datang ke tempat mereka. Faktir ini pula yang menyebabkan kunjungan pemilik mobil ke bengkel tidak resmi menurun 27% pada 2005 menjadi 11% pada 2008.

No comments: