15 July 2008

Ban Kempes? BMW X6 Tetap Melaju!

Kondisi jalan di kota besar seperti Jakarta, kian hari kian tak bersahabat dengan kendaraan kita. Salah satunya "ranjau paku". Ulah "teroris" tersebut seolah sudah menjadi rahasia umum bagi para pengguna jalan di Jakarta. Tak hanya ruas jalan protokol, jalan-jalan kecil pun kerap dihantui dengan ancaman tersebut.

Beruntunglah mereka yang mampu membeli dan memakai tipe ban runflat tyres, karena mobil bisa tetap melaju dalam keadaan ban kempes sekalipun. Sayangnya, harga ban jenis ini masih sangat mahal. Nah, mobil premium BMW X6 xDrive35i yang hari ini diluncurkan menjadikan varian ban runflat tersebut sebagai ban standar.

Fitur ini disebut dengan istilah runflat safety tyres. Dengan velg aloy 19 inci mobil yang memadukan gaya sporty khas SUV dengan kemewahan coupe, mobil ini dapat tetap melaju dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam, sejauh 150 kilometer dalam kondisi ban kempes.

Tidak itu saja. Kelengkapan tadi hanya sebagian kecil dari sisi keamanan yang ditawarkan dalam mobil seharga Rp 1,6 miliar tersebut. Mobil berkapasitas 3.000 cc ini juga dilengkapi airbag pada berbagai posisi.

Bantalan udara tersebut tak hanya mengamankan bagian depan dan pinggang, tapi juga kepala. Airbag akan menggelembung dari panel pada pilar A dan di bagian sisi garis atap. Sementara, untuk mencegah cedera tulang belakang, saat terjadi benturan dari belakang, tempat duduk depan dilengkapi dengan active head-rest. Headrest yang akan menjemput kepala saat terjadi benturan.

Lalu, airbag depan pun disempurnakan dengan generator gas yang bekerja dalam dua tahap, sehingga akan bekerja sesuai dengan intensitas benturan. Mobil ini pun mempunyai roll over sensor yang akan segera mengaktifkan airbag kepala, dan mempererat sabuk pengaman saat mobil terguling. Aman bukan?

No comments: