15 July 2008

Truk Pintar Hino Profia ASV

Dalam gerombolan mobil konsep yang meramaikan IIMS 2008 di JCC, ada dua yang menyita perhatian. Keduanya dipajang berdekatan, yakni Canter Eco D dari Mitsubishi dan satunya lagi, Profia ASV (Advanced Safety Vehicle) bikinan Hino berwarna biru metalik. Melihat truk yang dipajang dalam bentuk head tractor di hall B ini, pengunjung penasaran ingin melongok ke kabin dan sekaligus foto-foto di depan atau di sampingnya.


Sudah Dijual
Melonggok ke dalam kabin, kesan truk sudah tak ada lagi. Di samping kiri pengemudi atau di tengah-tengah dasbor, terdapat layar monitor sentuh berukuran 10 x 15 cm. Didekat layar ini pula ada tombol putar, kamera kecil dan tuas pemindah gigi.

Desain setir dan panel instrumen juga gagah, sama dengan sedan kelas mengengah. Di depan atau di atas kepala pengemudi ada satu lagi layar monitor LCD dengan ukuran lebih kecil. Materi jok juga memberi kesain mewah. Semua itu, tentu saja mengundang rasa kagum.

Salah satu teknologi yang dibanggakan Hino pada ASV adalah “pre crash safety” , yang sudah dipasarkan di Jepang sejak 2006. Meski begitu, peranti keamanannya terus ditambah setiap tahun. Pada versi terakhir - yang juga dipamerkan di Tokyo Motor Show tahun lalu – tambahan baru adalah “Panoramic View Assist System”.

Pertama di dunia
Peranti “pre crash safety”, diklaim Hino sebagai pecegah tabrakan yang pertama di dunia yang dipasang pada truk berat. Alat ini bekerja dengan memanfaatkan radar akurasi tinggi (menghitung jarak sampai milimeter) yang dikembangkan bersama dengan Toyota.

Otak pencegah tabrakan adalah komputer yang mampu menghitung jarak antara truk dengan beda di depannya, baik mobil yang sedang berjalan atau berhenti. Bisa dengan benda lainnya, seperti tembok atau pagar jalan. Jika jarak antara truk dengan mobil di depannya sudah tidak aman atau kemungkinan bisa terjadi tabrakan, alarm akan mengeluarkan bunyi. Komputer juga mengaktifkan rem sedikit untuk mengurangi kecepatan.

Tanda bahaya diteruskan ke kendaraan yang menyusul di belakangnya. Jika supir tak sempat lagi mengerem, komputer akan mengoperasikan dengan tekanan kuat sehingga kecapatan turuk lebih cepat. Dengan cara ini, kerusakan yang lebih parah dapat dihindarkan.

Alat pengaman lain adalah VSC (vehicle stability control) yang mencegah kendaraan terguling atau bagian belakang (trailer) terangkat ketika truk direm secara mendadak, baik saat melaju di jalan dengan permukaan licin maupu membelok. Tambahan lain adalah pemantau tekanan yang ditayangkan pada monitor tengah.

Pada ASV yang dipamerkan di IIMS, teknologi terbarunya adalah “Panoramic Assist System”. Alat ini digunakan untuk memperluar bidang penglihatan supir terhadap suasana dan kondisi sekelilingnya lebih luas lagi. Kondisi di sekeliling truk ditayangkan melalui layar monitor yang dipasang di bagian atas kabin. Dengan bantuan alat ini, pengemudi bisa memperoleh jangkuan penglihatan lebih luas saat membelok. Di samping itu, juga ada tambahan alat untuk melihat pejalan kaki di malam hari melalui kamera inframerah.

Kaca spion ASV adalah model baru yang dilengkapi dengan tambahan penglihatan, terutama saat truk meluncur pada kecepatan tinggi plus lampu depan dengan bekerja secara adaptif. Arah sorotan lampu beradaptasi sesuai kondisi jalan dengan arah belokan kendaraan. Sedangkan panel sentuh memudahkan kerja supir, antara lain audio, saklar dan alat kontrol lainnnya.Empat kamera di depan, belakang, sisi kanan dan kiri serta belakang, menayangkannya ke monitor di bagian atas dengan menampilkan warna merah.

No comments: