20 October 2008

Chery Easter Limousine Mobil Para Astronot China

Keberhasilan para pahlawan China, Zhai Zhigang, Liu Boming dan Jing Haipeng menyelesikan misi luar angkasa Shenzhou VII dielu-elukan masyarakat negeri Tirai Bambu. Astronot diarak keliling dengan mobil khusus Chery Easter Limousine, akhir September lalu yang memang dipersiapkan untuk menyambut dan membawa mereka ke tempat kediaman masing-masing.

Pemandangan kontras antara tiga unit Chery Easter Limousine hitam dengan seragam biru astronot menjadi gambaran sempurna kesatuan industri luar angkasa China yang mandiri dengan industri otomotif nasional yang mandiri pula. Dan sedan limosin yang dikendarai para astronot dikembangkan dan diproduksi Chery, industri otomotif lokal terbesar di China.

Menurut keterangan Wakil Presiden Chery, Zeng Hao, setelah perusahaannya menerima penugasan pada 19 Juni 2008, tim R&D yang dipimpin langsung oleh Presiden & General Manager Chery, Yin Tongyao segera membentuk tim khusus yang melibatkan 6 departemen. Yakni Project Management, R&D, Quality Management, Production, Purchase dan Trial Production yang semuanya menyedot sekitar 100 karyawan.

Untuk menyambut dan membawa para astronot, Dephan menuntut persyaratan khusus pada Chery. Apalagi dengan model kabriolet (kap terbuka), ruang kabin harus lapang yang dapat menampung tiga orang berjajar di bangku belakang. Performa mobil harus prima, kendati kecepatan rendah.

Guna memenuhi persyaratan itu, Chery melakukan pengembangan desain, bodi kendaraan dan mesin yang akhirnya dipilih Easter Limousine 2.4L. Supaya belakang bisa membawa tiga penumpang, bagian belakang diperpanjang 20 mm. Kerangka, lantai dan pilar tengah diperkuat. Untuk menghilangkan getaran akibat dari pemanjangan, dilakukan penyatuan kembali dengan intensitas yang tinggi untuk setiap bagiannya.

Setelah melalui pengetesan, Chery Ester Limousine dinyatakan telah memenuhi standar uji kelayakan. Dan penggarapan memakan waktu selama 45 hari.

No comments: