20 October 2008

Mazda 2 Hadir sebagai Pilihan Alternatif

Tahun depan, salah satu di antara Honda Jazz, Toyota Yaris dan Suzuki Swift harus rela pasarnya terganggu oleh kehadiran pendatang baru Mazda 2. Sedan hatchback ini hadir dalam timing yang tepat, saat konsumen di segmen itu butuh model alternatif. Meski baru tahun depan, tapi sosoknya sudah ditampilkan di pameran mobil internasional di JCC, pertengahan Juli lalu.

Berbicara soal tenaga, Mazda bermesin MZR dengan kapasitas 1.498 cc ini memang masih di bawah senior-seniornya yang memiliki power dikisaran 110 dk sampai 120 dk. Sementara Mazda 2 bermodalkan 103 dk, namun dia punya boost "Zoom-Zoom". Semangat yang mengharuskan setiap Mazda terlihat kencang.

Ketika dijajal, slogan Zoom-Zoom terbukti. tenaga responsif, mantap dan lincah. Bahkan entakan tenaga lebih dari cukup. Respon transmisi Activematic 4 tingkat percepatan, cukup pandai membaca kemauan pengemudi.

Tenaga boleh di bawah, tapi soal fitur kelengkapan setara dengan kompetitornya. Ada sepasang airbag, head unit yang terintegrasi dengan auxiliary input, hingga kunci tailgate elektrik.

Yang tak kalah menarik interiornya. Di sekujur kabin didominasi dengan unsur bulatan. Utamanya, desain konsol head unit yang gterintegrasi membentuk bulatan. Lucunya lagi, desain panel instrumennya bernuansa klasik.

Secara keseluruhan, akomodasi yang ditawarkan tidaklah berbeda jauh dengan sedan-sedan compact hatchback. Namun pada mazda 2 terdapat glovebox dengnan sekat untuk menjaga pernak-pernik tersimpan dengan rapi.

Soal harga, PT Mazda Motor Indonesia belum membocorkannya. Tapi dibandingkan dengan kompetitornya,harganya kisaran Rp 170 jutaan. Yang penasaran, silakan tunggu.

No comments: