08 January 2009

Penjualan Toyota Tembus 200.000 Unit

Penjualan Toyota sepanjang tahun 2008 membukukan hasil yang sangat luar biasa. Mereka tak cuma berhasil mempertahankan sebagai market leader di Indonesia, tetapi juga mencatat sejarah dengan total penjualan sebanyak 212.150 unit selama 2008. Jumlah itu merupakan rekor tertinggi Toyota selama ini.

Pencapaian pada tahun 2008 merupakan hasil terbaik Toyota. Hebatnya, di masing-masing kelas, mulai dari kategori sedan, kelas MPV, SUV hingga kendaraan komersial, penjualan mengalami peningkatan tajam dibandingkan pada tahun 2007. Padahal, dalam dua bulan terakhir kondisi pasar otomotif sempat diguncang krisis ekonomi global.

Di kelas sedan, yang dihuni oleh Vios, Corolla Altis, Camry, dan Crown, total penjualan mencapai 17.397 unit, meningkat sebesar 52,2 persen dibandingkan tahun 2007. Pada tahun 2008 pun Toyota juga berhasil menjadi pemimpin pasar di kelas sedan.

Sedangkan untuk kelas MPV dan medium SUV dengan produk andalan Avanza, Yaris, Innova, dan Rush, Toyota berhasil membukukan angka penjualan di kelas ini sebanyak 80.112 unit. Penjualan terbesar dicapai oleh Avanza sebesar 85.535 unit yang merupakan rekor penjualan tahunan sepanjang sejarah, diikuti oleh Kijang Innova sebanyak 51.189 unit.

Dan tak boleh dipandang sebelah mata adalah Toyota Yaris. Kendaraan yang identik dengan anak muda ini tiap tahunnya terus mengalami peningkatan penjualan yang semakin mendapatkan tempat di hati konsumen di Indonesia. Untuk tahun ini sedan hatchback itu terjual sebanyak total 13.614 unit.

Untuk kelas kendaraan komersial, yaitu Toyota Hilux dan Dyna, total penjualan sepanjang tahun 2008 sebanyak 19.923 unit, meningkat 119,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hasil ini juga merupakan pencapaian yang sangat signifikan, di mana tiap tahun produk kendaraan komersial Toyota semakin diminati sebagai mitra dagang yang mendukung bisnis para pengusaha di Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih kepada para konsumen yang tetap setia kepada Toyota. Hasil tahun 2008 yang melampaui target merupakan hasil kerja keras seluruh pihak, kami pun akan semakin meningkatkan kerja keras kami untuk menghadapi tahun 2009 yang sangat menantang untuk tetap memberikan yang terbaik untuk semua pelanggan setia kami,” papar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

No comments: