18 July 2008

Kijang Innova Dijual Rp 750.000

Kala menyaksikan pameran mobil IIMS 2008, kurang lengkap jika tidak menuju ground Floor Jakarta Convension Center (JCC). Di situ ramai gerai-gerai pendukung otomotif, mulai dari aksesoris, spare part sampai mainan. Dari sekian banyak stan mini itu, ada empat stan yang menjual mobil-mobil mungil dan menjadi perhatian para pengunjung.

Ukurannya pun beragam, mulai dari 1:14 (terbesar) sampai 1:48. Begitu juga merek dan jenis, semuanya sangat menggoda mata, apalagi bagi para kolektor. Perihal harga, bervariasi tergantung kualitas, model dan ukuran. Paling murah, Rp 17.900 hingga Rp 750.000. Malah ada yang mencapai Rp 1,2 juta, namun hanya beberapa merek berukuran besar yang datang langsung dari pemegang mereknya.

Salah satunya, Audi R-8. Menurut Yanti dari stan Anaka Distribusi Indonesia, miniatur yang banyak dicari Land Rover dijual seharga Rp 62.000 dengan diskon 20 persen. Biasanya mereka adalah para kolektor yang mencari miniatur mobil lama. "Jadi kebanyakan yang datang justru orang-orang tua, bukan anak-anak," ujar Yanti ketika ditemui Kompas.com di stan-nya, Rabu (16/7). Mobil-mobil mungil yangb dijual di stan Anaka mendapat diskon bervariasi 10-30 persen. Miniatur mobil termahal yang dijualnya adalah Limited Edition Toyota Kijang Innova (1:64). Dari segi pendapatan, rata-rata sehari meraup Rp 2-4 juta.

Sementara itu, Bari dari stan Pacific Toys mengatakan rata-rata penjualannya mencapai Rp 3-5 juta per hari. Miniatur mobil yang dicari oleh pengunjung biasanya adalah jenis Street Tuner karena model mobil ini termasuk baru. Salah satu pengunjung yang datang dan membeli di salah satu stan ini mengaku membeli beberapa item untuk anaknya tersayang. Agung membeli miniatur gas cap dan mobil-mobilan yang bisa dirakit seniri karena dilengkapi dengan obeng dan belum terakit. "Sering beli, juga untuk koleksi karena seneng aja, tapi sekarang lagi beli buat anak," ujar Agung.

No comments: