22 December 2008

Auto 2000 Sumbang 75 Persen dari Total Penjualan Toyota

Sebagai market leader di pasar otomotif Indonesia, PT Toyota Astra Motor kini sedang mengejar untuk bisa mengukir sejarah menembus angka di atas 200.000 unit dalam total penjualan. Keberhasilan itu tak lepas dari peran para dealer-nya, salah satu di antaranya, Auto 2000, yang dari total 194.000 unit telah menyumbangkan sekitar tiga perempatnya.

Dari berbagai varian Toyota, Avanza tetap teratas dalam penjualan di Auto 2000. "Dari Januari sampai November 2008, Avanza sudah terjual sebanyak 60.350 unit dari seluruh gerai Auto 2000 di Indonesia, sedangkan totalnya mencapai sebanyak 151.421 unit," ujar Sales Departement Head Auto 2000 Diky Zulkarnaen di sela-sela acara Yaris It's Show Time yang digelar di FX'nter Mall, Jakarta, Sabtu (20/12).

Setelah Avanza, posisi kedua ditempati Kijang Innova (38.660 unit), Yaris (9.830 unit),
Fortuner (6.403), Camry (2.500), dan Altis (2.100 unit). "Selebihnya atau sebanyak 31.578 unit merupakan produk CBU," tambah Diky.

Diky memprediksi, sampai 2009 Avanza masih akan menjadi produk andalan Auto 2000 atau TAM dalam penjualan di pasar Indonesia. "Sampai saat ini, Auto 2000 sudah berperan menjual 70 sampai 75 persen produk TAM, dan yang besar memang Avanza," lanjutnya.

Untuk penjualan Yaris, dari 9.830 unit, lebih separuhnya (5.500 unit) terjual di Jakarta. "Untuk market share Yaris sendiri, sampai dengan November 2008 mencapai 26,9 persen," ungkap Koordinator Sales Auto 2000 wilayah DKI II Ricky Martawijaya.

Kedua pentolan Auto 2000 ini mengakui, untuk penjualan 2009 diperkirakan akan turun antara 10 sampai 20 persen, akibat naiknya harga mobil. "Ada kemungkinan penjualan kami akan sedikit menurun dibandingkan 2008 karena harga mobil akan mulai naik sejak awal Januari 2009. Kenaikan tersebut imbas dari krisis ekonomi global yang terjadi saat ini," tutur Diky, yang diamini Ricky.

No comments: