22 December 2008

Sensasi Baru Nissan All-New Fairlady Z

Nissan meluncurkan salah satu produk kebanggaannya yang menjadi legenda dan banyak digemari pecinta mobil sport di berbagai negara, yaitu Fairlady Z. Dari segi penampilan, All-New Fairlady Z berbeda total dari pendahulunya. Versi terbaru ini dirancang dengan berbagai sentuhan seni modern untuk menghasilkan “image” mobil sport berkelas dunia.

Bagi Nissan, Fairlady Z adalah lambang reputasi sebagai salah satu produsen mobil Jepang yang mampu melahirkan mobil-moibl sport hebat. Betapa tidak, Fairlady Z pertama kalinya diperkenalkan pada 1969, ketika itu Nissan masih menggunakan nama Datsun.

Generasi pertamanya adalah S30. Menjelang usianya yang ke-40, jumlah Fairlady Z yang terjual ke seluruh dunia mencapai 1,7 juta unit. Suatu prestasi yang membanggakan dan membuktikan Fairlady diterima dengan antusias oleh berbagai kalangan di mancanegara.

Khas “Z”
All-New Fairlady Z meski mengalami perubahan secara besar-besaran baik desain maupun performa, watak titisan generasi pertamanya tetap dipertahankan. Nissan menyebut titisan tersebut dengan “Z-ness”, yaitu kemampuan dan sosok penampilannya bernilai seni tinggi.

Pembaruan yang dilakukan Nissan terhadap Fairlady Z adalah menghadirkan desain eksterior dan interior khas plus performa yang tinggi. Untuk itu, selain mengubah eksterior dan interior, jarak sumbu roda diperpendek, menurunkan bobot dan mengadopsi mesin yang lebih “galak”, V6 dengan kapasitas 3,7 liter.

Transmisi pun diklaim mengadopsi fitur pertama di dunia, yaitu manual 6 tingkat kecepatan yang bisa disinkronkan kinerjanya dengan putaran mesin. Juga ditawarkan transmisi otomatik 7 tingkat kecepatan dengan mode pergantian gigi secara manual.

Dengan perubahan dan pembaruan di berbagai sektor itu, termasuk suspensi, Nissan menilai Fairlady Z menjadi mobil sport yang mampu berakselerasi dengan sangat agresif, lincah, atau gesit bermanuver. Tak kalah menarik, Fairlady Z tetap aman karena dilengkapi dengan rem yang sudah teruji kemampuan kerjanya.

Interior mobil ini juga mengalami rancang ulang secara menyeluruh. Tujuannya, agar pengemudi dan kokpit dapat membentuk “kesatuan”. Hasilnya, mobil sport ini akan memberikan rasa “enjoy” sesungguhnya saat dikebut.

Ciri Asli “Z”
Menurut Nissan, ciri asli Fairlady Z adalah mobil sport dengan mesin di depan dan gerak roda belakang, sedangkan pada bodi, diperlihatkan pada rancangan yang dibentuk dengan keterampilan dan goresan cita rasa seni tinggi untuk membentuk ikon “Z-ness”. Ciri tersebut diperlihatkan pada garis-garis dinamis mulai dari lampu depan sampai ke belakang. Lainnya, garis di tengah bodi mulai dari fender (sepatbor) depan sampai ke belakang dengan lengkungan besar yang menjadi aksentuasi khas Fairlady Z sekaligus menandakan bahwa mobil mengandalkan gerak roda belakang.

Bumerang
Ciri khas baru dari Fairlady Z terbaru ini adalah desain lampu depan dan kombinasi lampu belakang yang sama. Keduanya dibentuk seperti gerakan bumerang. Menurut Nissan, desain lampu depan dan belakang merupakan goresan dari hasil gerakan “stop, flick dan tarik“ ujung kuas ketika menorehkan kaligrafi.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kemampuan sportnya, jarak sumbu roda diperpendek 100 mm dari versi sebelumnya. Bobot diturunkan tanpa mengorbankan aspek keamanan atau keselamatan pengemudi. Bodi tetap kokoh karena komponen, seperti kap mesin, panel pintu dan pintu hatchback (pintu belakang) yang semula menggunakan baja, kini diganti dengan aluminium.

Kokpit Baru
Fairlady Z menggunakan tiga bulatan instrumen berdiameter besar yang merupakan ciri khas mobil sport. Diameter takometer dan spidometer lebih besar dan membentuk roda setir yang melebar ke luar pada kedua sisi untuk memudahkan saat melihatnya. Trio instrumen dengan penampilan trandisional khas Z sejak generasi pertama tetap dipertahankan. Sekarang digunakan indikator suhu oli dan bukan lagi tekanan oli, seperti mobil sport sesungguhnya.

Penempatan pedal-pedal dan setir direposisi lagi agar pengemudi dapat mengoperasikannya dengan mudah. Pilar depan ditempatkan sedemikian rupa sehingga pengemudi dapat melihat dengan leluasa ke depan.

Untuk masuk ke dalam mobil, Nissan melengkapi Fairlady Z dengan kunci pintar, sedangkan untuk menghidupkan mesin menggunakan sistem starter dengan tombol tekan. Peranti tambahan lain yang menjadi ciri Fairlady dan juga mobil sport sampai sekarang adalah takometer dan spidometer jarum.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpangnya, Nissan melengkapi mobil ini dengan sistem audio Bose plus sistem navagiasi HDD.

Pelukan Jok
Kokpit Z baru dirancang untuk dapat memberikan tingkat keamanan yang makin tinggi dan perasaan pengemudi yang “menyatu” dengan mobil. Untuk itulah, Nissan menambahkan rangka kawat pada posisi bahu di sandaran pengemudi. Dengan ini, jok menghasilkan “support” yang mantap buat pengemudinya. Bagian jok yang diduduki dan belakangnya dilapisi dengan bahan suede (kulit imitasi) berkuliatas tinggi dan tahan gesek.

Karena ada berbagai macam orang, Nissan mempertimbangkan dengan cermat faktor postur tubuh manusia. Untuk pengemudi berpostur pendek, diupayakan mereka bisa tetap duduk di jok dengan mantap atau tidak bergeser ke samping saat mobil beraksi di tikungan pada kecepatan tinggi dengan menambahkan berbagai elemen di antara penopang pinggang atau pinggul (lumbar support).

Fitur interior menggunakan materi suede, Forte suede, yang dipasang pada permukaan panel tiga dismensi. Menurut Nissan, dengan menggunakan materi suede yang padat dan berkualitas prima, menduduki jok terasa mantap, nyaman, dan lembut. “Sensasi pelukan di area kokpit!” promosi Nissan tentang jok baru mobil ini.

Mesin
Sebagai sumber pacu, Nissan memasang mesin yang telah dilengkapi teknologi andalnya, antara lain katup dengan bukaan dan tinggi angkat yang bisa berubah sesuai putaran mesin. Nissan menyebutnya variable valve event and lift (VVEL).

Mesin ini menghasilkan tenaga masikmum 336 PS (247 kW) @ 7000 rpm dan torsi maksimum 365 Nm (37,2 kggm) @ 5200 rpm. Menurut Nissan, dengan mengabungkan kemampuan kerja mesin dan kemudahan mengemudikannya, Fairlady Z mampu melakukan akselerasi secara responsif pada berbagai tingkat kecepatan.
Dengan berbagai pembaruan tersebut, Nissan menawarkan All-New Fairlady Z di Jepang dalam harga 3.622.500 – 4.4462.500 yen (1 yen sekitar Rp 95).

Untuk ini, Nissan menawarkan 8 kelir, termasuk 3 warna baru, yaitu Premium Ultimate Yellow dan Two Three pearl-Coat (3P)- Premium Le Mans Blue dan Brillian White Pearl.

Semua permukaan cat diberi lapisan yang disebut Nissan Scratch Shield. Dengan ini, bila permukaan bodi tergores dalam ukuran kecil, bagian tersebut akan menutup dengan sendiri dan permukaan cat kembali mengilap seperti baru.

No comments: