12 June 2008

Nissan Akan Buat Mobil Bebas Emisi

Tidak mau kalah dengan perusahaan pembuat mobil asal Jepang lainnya, Toyota dan Honda, Nissan pun juga akan memproduksi mobil bebas emisi yang menggunakan perangkat fuel cell. Pada 2011 Nissan bekerja sama dengan Renault akan memasarkan mobil listriknya secara massal di Israel dan Denmark.

Baru-baru ini Nissan mengumumkan rencana untuk menjual mobil listrik di Amerika Serikat dan Jepang pada akhir tahun 2010. Sebagai tahap kedua, Aliansi Renault-Nissan mengembangkan mobil listrik yang menggunakan perangkat fuel cell sebagai sumber listriknya.

Dua prototipe pada saat ini tengah diuji coba. Yang pertama, Nissan XTrail fuel cell telah diuji coba secara sungguh di jalan selama lebih dari dua tahun, dengan cara disewakan institusi Pemerintah Jepang.

Yang kedua adalah prototipe dari Renault yang diberi nama Scenic ZEV H2. Mobil itu dikembangkan Aliansi Renault-Nissan dari Renault Grand Scenic. Pada mobil itu dipasangkan perangkat fuel cell, tangki penyimpanan hidrogen bertekanan tinggi, baterai lithium-ion kompak milik Nissan.

Para insinyur dan teknisi Renault memodifikasi Grand Scenic untuk menerima elemen-elemen kendaraan fuel cell di bawah lantai, dengan tujuan kabin mobil itu tetap lapang untuk lima penumpang dewasa dan juga dapat mengintegrasikan sistem elektris dan elektronis Nissan.

Kedua prototipe mobil fuel cell itu diciptakan untuk mendemonstrasikan keberlangsungan konsep fuel cell yang hanya mengeluarkan air (H2O) sebagai sisa (pembuangan) dan menggarisbawahi komitmen Aliansi Renault-Nissan pada masa depan yang bebas emisi.

Renault Scenic ZEV H2 dan Nissan XTrail FCV akan ambil bagian dalam road show melintasi Eropa pada bulan Juni-September mendatang. Nissan akan mendemonstrasikan XTrail FCV di enam negara Eropa, sedangkan Renault akan memajang Scenic ZEV H2 pada lokakarya lingkungan di Barcelona, Spanyol, pada paruh kedua bulan Juni.

No comments: