12 June 2008

Toyota Perkenalkan Prius Generasi Ketiga

Kesuksesan Toyota Prius kelihatannya akan terus berlanjut. Rabu (11/6) di Tokyo, Jepang, pihak Toyota memastikan diperkenalkannya Toyota Prius generasi ketiga pada perhelatan akbar Detroit Auto Show 2009. Mobil baru ini bergaya futuristik, terlebih jika dibandingkan dengan versi Prius terdahulu.

Executive Vice President Toyota untuk bidang Riset dan Pengembangan Masatami Takimoto mengungkapkan, seri terbaru ini akan terlihat lebih besar dibandingkan dengan New Prius yang juga akan memulai debutnya pada tahun 2009. "Produk ini total merupakan model baru," kata Takimoto seperti dilansir Automotive News.

Generasi ketiga Prius ini tetap akan menggunakan baterai nickel-metal hybride yang terbukti memiliki umur pakai lebih lama. Bahkan lebih kuat dibandingkan dengan baterai lithium ion yang sedang dipersiapkan Toyota dalam konsep plug in hybrid pada tahun 2010. Konsep ini sama dengan konsep yang dipakai General Motors (GM) pada Chevrolet Volt.

Pada kesempatan yang sama, Takimoto pun mengungkapkan mengenai mulai dijalankannya kerjas ama antara Toyota dan Panasonic dalam pembuatan baterai lithium ion. Uji produksi untuk komponen ini akan dilakukan pada tahun depan, dan dilanjutkan dengan produksi massal pada 2010.

No comments: